arti huruf belakang plat nomor

Wajib Tahu! Fungsi Huruf Plat Nomor Kendaraan Anda

Plat nomor kendaraan adalah salah satu cara untuk mengidentifikasi baik itu mobil maupun motor. Selain itu, plat ini juga mampu memberi identitas sebagai plat registrasi dimana bentuknya berupa potongan plat logam yang dipasang pada posisi yang seharusnya. Biasanya, plat ini dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan yang memiliki nomor seri yaitu susunan huruf dan angka yang memang dikhususkan untuk kendaraan tersebut. Selain itu, plat ini juga berisikan tentang informasi dari si pemilik kendaraan seperti warna, merk, tahun pembuatan, model hingga nomor identifikasi kendaraan. Dan semua nomor tersebut jelas tercantum di dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan atau biasa disebut dengan STNK. Lantas, apakah arti huruf belakang plat nomor yang biasa kita lihat?

Berbicara soal huruf yang ada pada plat nomor pasti memiliki arti tersendiri. Terlebih bagi masyarakat kota Jakarta dan sekitarnya dimana plat nomor kota ini bisa dikatakan mendominasi setiap wilayah. Hanya saja, nomor plat tersebut tidak hanya dikhususkan di kota Jakarta saja akan tetapi di beberapa daerah pun kerap menggunakannya. Sebut saja Bekasi, Depok dan Tangerang juga ikut menggunakan plat B. Jadi, fungsi huruf plat nomor pada kendaraan adalah memberitahukan tentang wilayah dimana nomor tersebut tercantum di Samsat. Misalnya saja nomor kendaraan adalah B 4433 SAT dimana B menunjukkan wilayah yaitu DKI Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Sementara itu, nomor atau angka 4433 adalah nomor kendaraan yang memang dialokasikan untuk mengangkut penumpang. Dan huruf abjad terakhir tersebut seperti S adalah daerah Jakarta Selatan, A melambangkan jenis kendaraan yaitu sedan atau pick up dan T adalah abjad pembeda saja. Di beberapa situs ada yang menjelaskan secara rinci tentang kode abjad setelah angka di plat nomor kendaraan. Dan satu lagi, plat nomor yang digunakan secara pribadi jelas berbeda dengan nomor dinas kendaraan mulai dari instansi pemerintah, kepolisian hingga TNI. Termasuk, warna dari plat nomor tersebut dimana masing masing warna tersebut mengidentifikasi kepemilikan. Bagaimana, sudah memahami fungsi huruf plat nomor kendaraan yang Anda miliki?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *