sumber: best.id

Memilih Walkie Talkie Untuk Kegiatan Outdoor

Jika masih ingat dengan materi mata pelajaran TIK pasti tidak asing dengan satu alat komunikasi bernama Walkie Talkie.  Walkie talkie merupakan satu diantara alat komunikasi dimana fungsinya dapat menyambungkan dua atau lebih penerima dalam waktu bersamaan melalui frekuensi gelombang radio.

Alat komunikasi ini tentunya sangat berguna sebagai pengganti ponsel. Khususnya pada sebuah kegiatan ketika sinyal ponsel tidak bisa menjangkau medan seperti pada saat camping di daerah gunung, alat inilah yang dapat diandalkan.

Walkie talkie biasanya digunakan untuk berkoordinasi bersama tim saat kegiatan outdoor seperti melakukan pengawasan kerja lapangan, touring, camping, dan lain sebagainya.

Beberapa merk ternama dan didesain dengan kualitas terbaik versi masing-masing. Jika kamu penasaran bagaimana memilih produk walkie talkie yang bagus untuk keperluan outdoor/lapangan seperti naik gunung, berikut ulasannya!

Nah, kalau mau menggunakan walkie talkie saat sedang berkegiatan outdoor seperti berkemah atau ke pantai bersama teman-teman, produk dengan jarak pendek saja cukup. Untuk kegiatan di luar ruangan seperti outdoor, gelombang radio walkie talkie tidak akan banyak terhalang.

Jadi, kalau  jangkauan komunikasinya hanya sekitar 100 meter sebenarnya sudah cukup ideal menggunakan walkie talkie daripada HT. Alat yang memiliki jarak yang lebih pendek biasanya memiliki harga yang sangat terjangkau.

Selain harga yang relatif murah, kamu pun dapat menelepon dalam jarak yang melebihi ekspektasi dengan suara yang jelas. Yah, meskipun tidak bisa digunakan kegiatan outdoor yang lebih extreme seperti skydiving, kecuali produk tersebut memiliki fitur air channel. Jadi, sesuaikan produk yang kamu pilih berdasarkan jenis kegiatan outdoor favorit kamu ya.

Seperti yang sudah kita ketahui, alat komunikasi walkie talkie adalah alat komunikasi dengan gelombang radio yang dapat digunakan tanpa perlu mengurus perizinan spektrum frekuensi radio.

Keunggulan lainnya menggunakan walkie talkie ini, tentunya kamu bisa menerima panggilan secara otomatis dari pihak lain tanpa perlu settingan/pengoperasian yang merepotkan.

Lalu sebaliknya, kamu pun juga dapat menghubungi beberapa pengguna walkie talkie dalam waktu bersamaan yang ada di sekitarmu. Caranya bagaimana? Tenang kamu hanya perlu menekan tombol bicara dan menyampaikan pesan atau instruksi kepada penerima lain dengan singkat dan jelas.

Walkie Talkie memiliki keunggulan yang tidak kalah kerennya dari alat komunikasi yang lain, yaitu alat ini tidak memerlukan abodemen atau pulsa seperti pada telepon untuk melakukan panggilan. Jadi tidak dipungkiri lagi, walkie talkie ini memang menjadi alat komunikasi pengganti ponsel yang cukup berguna, apalagi ketika berkegiatan di luar ruangan seperti camping dan hiking.

Alat komunikasi ini biasanya dipakai berkomunikasi oleh panitia event untuk mengatur jalannya acara seperti pada pesta pernikahan, ulang tahun, pelantikan, lomba dan sebagainya. Intinya, berbagai macam kegiatan yang memerlukan koordinasi dan komunikasi akan lebih mudah dilakukan dengan alat bantu walkie talkie ini.

Singkat kata, walkie talkie tentunya sangat memudahkan kamu untuk melakukan koordinasi bersama tim apalagi di lokasi outdoor.

Oh iya, kalau kamu memakai walkie talkie hanya untuk sesekali waktu, kamu dapat mempertimbangkan opsi untuk menyewa saja. Kamu dapat sesuaikan seperti apa dan untuk keperluan apa di tempat persewaan yang kamu tuju.

Dengan jasa yang menyediakan persewaan ini, kamu juga dapat mencoba tipe walkie talkie yang kamu idamkan sebelum memutuskan membeli sendiri nantinya. Jadi, sebelum kamu memutuskan membeli walkie talkie, kamu sudah tahu bagaimana kualitas dan kenyamanan pemakaiannya.

Atau setelah membaca artikel ini kamu berpikiran untuk membuka jasa penyewaan walkie talkie? Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *