Spare Part AC
Infographic vector created by vectorjuice - www.freepik.com

Komponen Spare Part AC Daikin yang Dapat Anda Beli

Di dalam satu unit terdapat banyak sekali komponen-komponen penggerak agar dapat bekerja semestinya sebagai penyejuk ruangan. Namun, tentu saja tidak bisa lepas dari kemungkinan kerusakan dan usia yang sudah tua, mengharuskan anda mengganti beberapa Spare Part AC. Sebelum melakukannya, pasti anda terlebih dahulu membeli dan memesan suku cadang.

Komponen Spare Part AC Daikin

Proses pemeliharaan, penggantian, pemasangan penyejuk udara harus terkadang harus menyediakan suku cadang unit. Anda dapat membelinya melalui toko online dan offline resmi yang telah bekerja sama dengan Daikin indonesia. Karena produk yang original dapat menjamin keberlangsungan unit.

1. Pipa Tanpa Isolasi

Diproduksi dengan mutu standar ASTM B280, pipa ini diproduksi dengan menggunakan tembaga katoda 99,9% CU. Dipilihnya bahan baku tersebut karena dianggap sebagai material yang pas untuk dijadikan pipa AC sehingga performa unit dapat lebih baik.

Pipa ini adalah jenis yang paling sering dipakai oleh berbagai jenis penyejuk ruangan karena memiliki kualitas yang tinggi. ASTM B280 merupakan istilah standarisasi dari Amerika khusus pipa tembaga. Paling banyak digunakan karena sangat cocok ditempatkan pada produk-produk di Indonesia.

2. Kompresor

Komponen ini merupakan yang terpenting pada penyejuk ruangan. Jika rusak, dapat dipastikan AC tidak akan berjalan dengan semestinya. Ia bertugas untuk menghembuskan udara dingin ke ruangan, coba bayangkan jika ia sedang dalam kondisi buruk? Pasti akan merasa kurang nyaman dan kepikiran terus.

Sesegera mungkin untuk mengganti kompresor jika kerusakan mulai terlihat, deteksi secara dini seperti melakukan pengecekan berkala setiap minggunya meminimalisir keterlambatan penggantian komponen. Jika tidak, kemungkinan kerusakan akan merembet ke bagian lainnya

3. Evaporator dan Kondensor

Evaporator merupakan salah satu komponen penyejuk ruangan yang memiliki tugas sebagai pengalir dan penyerap udara panas dari dalam dan luar unit. Ia bekerja di bagian ruang refrigerant yang berwujud cair, kemudian akan berubah menjadi gas setelah berhasil melewati pipa kapiler.

Sedangkan untuk kondensor sendiri, ia merupakan sebuah komponen yang memiliki tugas sebagai penukar kalor. Dalam istilah lain, fungsinya sendiri adalah mengubah refrigerant yang berwujud gas menjadi cair kembali, kemudian suhunya diturunkan agar tidak terlalu panas.

4. Refrigerant

Merupakan komponen berbentuk cair yang kemudian diubah menjadi gas oleh evaporator ketika masuk ke pipa kapiler. Sebenarnya bagian inilah yang membuat pemanasan global, beberapa produk memiliki indek potensi penipisan ozon, dan pemanasan global. Bahkan zat ini tergolong mudah terbakar.

Namun jika tidak ada zat ini, AC tidak akan bisa dingin. Jadi pastikan anda memilih produk yang ramah lingkungan dalam menggunakan refrigerant seperti R410A dan R32 yang telah terbukti dapat meminimalisir pemanasan global.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *