Hidup Nyaman Di Masa Tua? Persiapkan 5 Hal Berikut

Hidup tenang dan nyaman di masa tua nanti, merupakan dambaan setiap orang. Banyak orang yang mendambakan untuk berhenti bekerja keras membanting tulang dan menikmati hari tuanya nanti dengan santai. Pasalnya untuk mencapai hal tersebut tentunya membutuhkan beberapa persiapan yang harus dilakukan mulai dari sekarang, mulai dari rencana pensiun, asuransi kecelakaan diri, hingga masalah financial yang menjadi penting untuk dipikirkan. Bukan perkara mudah untuk mengatur keuangan, karena dibutuhkan komitmen dan kedisiplinan yang tinggi. Bukan hanya itu saja, beberapa hal di bawah ini juga patut Anda persiapkan guna menikmati hari tua yang sejahtera.

  1. Kelola Keuangan

Agar hidup nyaman di masa tua kelak, hal yang harus Anda persiapkan sedari dini ialah bagaimana cara mengelola keuangan dengan benar. Entah mau berapapun usia Anda serta jumlah pendapatan Anda pada saat ini, dengan mengelola keuangan secara bijak maka jumlah pendapatan akan selalu mencukupi kebutuhan. Beberapa hal perlu didisiplinkan guna berjalan efektif, misalnya menjauhi gaya hidup konsumtif, yang mengakibatkan keborosan. Terapkan hal ini dari sekarang agar kelak menjadi kebiasaan dan berdampak sangat baik pada pengelolaan keuangan Anda.

 

  1. Tentukan Dana Pensiun

Hal selanjutnya yang perlu Anda pikirkan ialah menentukan total dana pensiun yang Anda kehendaki. Mulailah persiapkan dana pensiun sedari dini. Tentukan seberapa besar dana akan kebutuhan Anda di masa senja kelak, mulai sisihkan sedikit demi sedikit dari penghasilan Anda perbulan dan alokasikan sebagai dana pensiun. Untuk mempermudah Anda bisa memisahkan pos dana pensiun pada rekening khusus, sisihkan sekitar 10-15% dari total penghasilan Anda.

 

  1. Melakukan Investasi

Selain menyisihkan dana pensiun, Anda juga bisa menabung secara rutin atau mengalokasikan dana yang Anda miliki untuk berinvestasi. Saat ini beragam pilihan investasi. Sebelum memulai investasi, sebaiknya Anda mempelajari beragam instrumennya, pilihlah instrument investasi yang sesuai dengan Anda. Ketahui juga resikonya jika terjadi inflasi, jangan sampai merugikan diri Anda. Bijaklah dalam berinvestasi.

 

  1. Siapkan Dana Darurat

Dalam menjalani hidup tidak selamanya selalu berjalan sesuai dengan apa yang kita mau, atau berjalan dengan mulus. Selalu saja ada hal-hal yang tidak terduga terjadi, misalnya saat kehilangan pekerjaan, atau saat terjadi kecelakaan, karena kita tidak dapat mengetahui hal yang terjadi. Ada beberapa instrument dana darurat yang bisa Anda pilih diantaranya adalah logam mulia, tabungan, reksadana, hingga pasar uang. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, maka dari itu Anda harus cermat memilih.

 

 

 

  1. Memiliki Asuransi Diri

Hal terakhir yang penting guna menghadapi hari tua yang perlu disiapkan adalah memiliki asuransi untuk diri sendiri, misalnya saja asuransi kesehatan, kematian, atau asuransi diri, seperti yang ditawarkan oleh asuransi MSIG,yang bisa dilihat pada link berikut https://www.msigonline.co.id/kecelakaan-diri. Memiliki asuransi dapat menjamin kenyamanan dan keamanan Anda di hari tua. Karena kita tidak pernah tau hal terduga yang terjadi, missal bila terjadi kecelakaan dan diharuskan untuk membayar biaya rumah sakit yang mahal, maka Anda tidak oerlu khawatir karena hal ini sudah tercover dalam asuransi Anda.

 

Menikmati hidup di hari tua tentunya tidak akan tercapai jika Anda tidak mulai mempersiapkannya sedari dini. Mulainya take action dari sekarang, semangat bekerja keras di masa muda dan menikmati hari tua yang manis bukanlah impian.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.