Belajar Investasi

Belajar Investasi P2P lending Indonesia

Bagi Anda yang masih baru terjun dan belajar investasi, maka investasi jangka pendek, bisa untuk dijadikan pilihan dalam memulai investasi. Mayoritas dari para investor pemula tersebut memang berasal dari generasi milenial yang saat ini sudah mulai menyadari tentang pentingnya melakukan kegiatan investasi sejak dini. Investasi tersebut memang sangat baik untuk pemula yang saat ini tengah dalam proses belajar untuk mengetahui lebih jauh investasi jangka pendek.

Investasi jangka pendek adalah investasi yang mempunyai rentang waktu pencairan imbal hasil yang terbilang singkat, yaitu kurang dari 1 tahun. Terdapat beberapa jenis instrumen di dalam investasi jangka pendek yang nantinya dapat dijadikan pilihan untuk Anda. Dengan mengikuti perkembangan perekonomian di dunia hal itu menyebabkan makin bertambah pula jenis instrumen di dalam dunia investasi ini.

Salah satu instrumen investasi jangka pendek yang cukup banyak diminati serta populer saat ini yaitu saham, deposito, valuta asing dan yang menjadi terobosan paling baru adalah P2P lending Indonesia. Untuk lebih mengetahui apa itu P2P lending, maka berikut ini akan diulas secara singkat.

Apa Itu P2P Lending?

 

Peer-to-peer lending merupakan salah satu dari jenis instrumen investasi jangka pendek yang memiliki imbal hasil atau keuntungan cukup menggiurkan. Modal yang harus ditanamkan bisa dimulai hanya dengan uang sebesar Rp 100.000 saja. Itulah salah satu alasan mengapa investasi tersebut sangat cocok bagi Anda yang ingin terjun di dalam dunia investasi.

Investasi P2P lending ini memang banyak dilirik oleh para generasi milenial. Sistem inovasi dengan basis finansial teknologi tersebut tidak hanya mampu untuk memberikan keuntungan bagi para peminjam saja, melainkan investor pun nantinya akan merasakan profit dari investasi P2P lending ini.

Kelebihan yang dimiliki oleh investasi model terbaru tersebut yaitu tersedianya platform yang ramah pengguna. Sehingga Anda yang pemula pun bisa langsung mengerti hanya dengan sekali lihat. Selain itu juga prosesnya terbilang cukup cepat dan dapat dilakukan dimana saja tanpa Anda perlu mendatangi kantor P2P lending.

Platform P2P lending memberikan cara mengenai bagaimana proses pinjam meminjam yang bisa dilakukan secara praktis tanpa Anda harus bertatap muka, serta hal tersebut juga dapat dilakukan dari jarak jauh. Persentase dari bunga pun nantinya bisa ditentukan sendiri oleh Anda sebagai pemilik modal.

Namun disini Anda juga perlu berhati-hati jika ingin memilih situs simpan pinjam terkait, karena ditakutkan terjadi penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

Berinvestasi jangka pendek di P2P lending memang menawarkan beberapa keuntungan bagi para investor maupun bagi para peminjam dana. Salah satu keuntungan dari investasi di P2P lending Indonesia yaitu jangka waktu pinjaman yang relatif pendek.

Sehingga nantinya Anda sebagai pihak peminjam tidak akan merasa terbebani. Dan keuntungan sebagai investor yaitu Anda akan memperoleh keuntungan hanya dalam jangka waktu yang relatif singkat, yang mana keuntungan tersebut tidak melebihi waktu 1 tahun.

Namun disini Anda juga dapat memberikan pinjaman dengan jangka waktu kurang lebih 2 tahun. Tidak hanya itu saja, sebagai investor atau pemberi pinjaman nantinya Anda berhak untuk mengambil kembali dana investasi kapanpun Anda mau jika memang hal tersebut dibutuhkan untuk keperluan yang mendadak.

Dalam instrumen investasi peer to peer lending ini, nilai imbal hasil atau pengembaliannya masih terbilang cukup tinggi. Hal itu dikarenakan suku bunga yang ditawarkan memang sangat menggiurkan. Dan tentunya kesempatan tersebut sangat sayang jika tidak Anda manfaatkan. Terutama bagi Anda yang memang tengah memiliki keperluan untuk jangka pendek.

Namun kondisi tersebut juga sangat bergantung pada platform pinjaman yang telah Anda pilih. Oleh karena itulah, di sini Anda sangat disarankan untuk memilih platform atau perusahaan yang benar-benar tepat dan sudah terdaftar serta profesional untuk menginvestasikan dana Anda di dalam kegiatan investasi peer to peer lending jangka pendek ini.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai apa itu investasi jangka pendek peer to peer lending. Anda yang tertarik berkecimpung di dalam dunia investasi dan ingin memperoleh imbal hasil dengan cepat, maka bisa mencoba investasi tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.